Virtual Tour Museum Nagoya di Jepang

Museum Nagoya  di

 Jepang (Nagoya City

 Science Museum)

Oleh: 

Velania Pramusti / 193141099/ PGMI

7 Desember 2020



Virtual tour kali ini di Museum nagoya  jepang, tepatnya di Nagoya iti sendiri. Museum ini museum observatrium terbesar di jepang yang menginput banyak sekali ilmu pengetahuan mengenai sains maupun teknologi hasil tangan jepang. Pada saat ini harga tiket masuk museum tersebut sekitar 90.000 bagi orang dewasa,sedangkan untuk anak-anak yang umurnya masih dibawah 10 tahun diberi gratis. Seperti tempat biasa museum ini ramai pada hari libur. Banyak orang berkunjung dari anak-anak sampai dewasa. Karena, museum ini cocok untuk semua kalangan umur. Depan museum nagoya berbentuk bola dunia yang besar seperti globe berwarna perak dan disertai bangunan yang menghimpitnya. Terdapat pula beberapa lantai di museum tersebut

Ketika masuk museum pengunjung langsung disuguhkan dengan berbagai macam sains dan teknologi misalnya,

* kerangka jaman purba seperti dinosaurus. Tempat tersebut selain memikat pengunjung dengan ilmu pengetahuan juga dengan diadakannya berbagai jenis permainan yang bisa dipakai untuk bermain. Tidak lupa juga terdapat maket kota nagoya yang cantik nan indah lengkap dengan bangunan-bangunannya. Maket tersebut digunakan oleh jepang untuk patokan pembangunan kota nagoya dimasa yang akan datang. 

Terdapat simulasi angin topan lengkap dengan bagaimana proses terjadinya. Penjelasan yang digambarkan mudah dipahami. Adanya simulasi angin topan karena jepang sendiri sering mengalami angin topan ketika pergantian musim tiba salah satunya musim gurur. Ada pula simulasi antariksa yang dibuat sedemikian rupa persis hampir sama dengan  asli. Seperti planet-planet, dan tata surya lainnya dengan lengkap. Ditambah lagi pengunjung juga bisa mengamati langsung keadaan antariksa melalui alat-alat teknologi yang telah disediakan oleh museum.  

Museum ini juga terdapat simulasi terjadinya gempa, simulasi terjadinya gelombang, dan proses terjadinya alur. Ilmu pengetahuan mengenai hal tersebut disajikan dengabln permainan yang boleh dimainkan oleh pengunjung.

Misalnya: pada simulasi terjadinya gelombang nampak anak-anak sedang mengontrol dan menyetir gelombang. Sehingga gelombang bergerak sesuai dnegan keinginan penggerak. Kemudian, pada proses terjadinya alur terdapat suatu bidang seperti prosotan yang terdapat bola didalamnya yang bisa di gerakkan untuk bermain pengunjung. 

Terdapat pula simulasi iklim pada suat ruangan yang telah tersedia. Pengunjung dapat merasakan bagaimana perbedaan di setiap iklim yang terjadi. 

Jadi museum ini memiliki kelebihan yang bisa kita lihat dari penjelasan diatas bahwa museum ini memiliki ruangan yang cukup luas untuk pengujung leluasa melihat kesana kemari. Terdapat ilmu pengetahuan yang menambah wawasan serta ilmu teknologi karya jepang. Didalam museum tersebut berbeda dengan museum pada umumnya yang hanya boleh dilihat. Museum ini terdapat simulasi yang dapat dipelajari dan ajang rekreasi bermain anak. Sehingga anak dapat  bermain dan menambah wawasan.

Selain itu museum ini juga dilengkapi penjelasan disetiap patung, kerangka, atau pun simulasi yang ada sehingga tambah memudahkan pengunjung dalam memahami maksud dadi adanya patung, kerangka, ataupun simulasi. Penjelasan yang disediakan menggunakan bahasa jepang karena memang dinegara jepang letak museum tersebut. 

Museum ini diletakkan dikot atau provinsi nagoya karena kota nagoya merupakan salah satu kota penghasil teknologi terbesar dijepang. Contohnya produksi toyota mobil dan lain sebagainya. Apabila pembaca ingin berkunjung ke museum yang tidak monoton dan bisa berekreasi museum ini cocok dikunjungi sendiri maupun bersama keluarga.

Terima kasih sudah membaca, semoga menambah wawasan. 

Sumber berasal dari Youtube: AR- Channel

Judul: Museum jepang | museum sains di  nagoya

Link youtube: https://youtu.be/weh3meHyle4 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LUAS SEGITIGA DAN KELILING SEGITIGA,